12 Skill Bertahan Hidup Yang Harus Kamu Kuasai Untuk Selamat Di Alam Liar




Sesekali pasti kamu pernah berpikiran pengen berpetualang ke alam bebas dan merasakan keadaan yang bener-bener liar tanpa mendengar suara bising perkotaan. Coba bayangkan segalanya tak berjalan sesuai rencana dan kamu tersesat di hutan. Dengan kondisi fisik dan peralatan yang terbatas, bisa gak kamu bertahan hidup? Gak usah muluk-muluk deh, bisa gak kamu melewatkan satu malam di alam liar?


Kamu merasa tertantang? Baca dulu panduan bertahan hidup di bawah ini:


Skill 1
Menemukan Lokasi Bermalam Yang Aman


Kamu mesti menemukan tempat yang kering dan tidak terletak lebih rendah dari permukaan tanah di sekitarnya. Hindari lembah dan area yang bisa dialiri air karena banjir bisa datang kapan saja. Pilih tempat yang jauh dari sarang serangga atau pohon-pohon lapuk. Selain itu gunakan medan tanah yang tidak miring, karena dengan medan yang miring, apabila terjadi hujan, air akan mengalir ke tempat camp kamu.

Skill 2
Mendirikan Shelter/Bivak Darurat


Waktu kamu mesti survive di hutan, cari atau buatlah tempat berlindung. Hal ini sangat diperlukan untuk menghadapi pengaruh cuaca, hewan berbahaya atau kondisi medan, sehingga kebutuhan istirahat terpenuhi secara aman. Membuat tempat berlindung harus disesuaikan dengan jumlah survivor, alat atau perlengkapan yang ada, sarana yang disediakan oleh alam dan berapa lama mau survive di lokasi itu. 


Perlu diingat, hipotermia adalah pembunuh utama jika kamu terdampar di daerah bercuaca dingin seperti gunung. Supaya selamat, kamu butuh tempat berlindung yang terisolasi agar suhu badanmu tetap hangat.



Kamu dapat menggunakan apa saja yang ada di alam sebagai shelter/bivak, seperti gua, lubang pohon dan celah di batu besar. Bahkan kamu juga bisa membuat shelter sendiri dengan bahan dari alam, seperti daun-daunan atau ranting.



Caranya, pertama temukan beberapa cabang pohon yang cukup kuat untuk disusun sebagai tempat berlindung. Gunakan pohon yang masih berdiri sebagai tumpuan. Lapisi shelter kamu dengan daun atau ranting. Jangan lupa, lapisi juga lantainya dengan daun yang lebih lebar. Itu untuk mencegah panas tubuhmu diserap oleh tanah. Kedua, pastikan pintu dari shelter kamu tidak menghadap angin berhembus, karena ini hal yang berbahaya, terlebih ketika hujan turun.

Macam-macam shelter/bivak:
1. Shelter/bivak dari gua













2. Shelter/bivak dari alam















3. Shelter/bivak dari ponco/jas hujan

















Skill 3
Menyalakan Api

Saat kamu di alam bebas ketika hari mulai malam, sebaiknya nyalakanlah api. Api berguna untuk penerangan, meningkatkan semangat psikologis, memasak makanan dan minuman, menghangatkan tubuh, mengusir hewan buas dan membuat tanda/kode. 


Kamu bisa menyalakan api dengan korek api. Kalau pun tidak ada kamu bisa membuat api sendiri dengan menggunakan baterai. Baterai jenis apa aja bisa, kamu tinggal bikin arusnya jadi pendek. Hubungkan kutub (+) dan (-) dari baterai dengan kertas timah (dari bungkus rokok atau permen karet). Percikkan api yang akan tercipta ke bundelan yang terbuat dari benda kering dan lembut seperti akar, rumput, atau kain. Jaga apimu supaya tetap menyala. Siapkan kayu bakar.



Jika kamu gak punya baterai, kamu bisa menyalakan api dengan batu dan gesekan kayu.

anting. Jangan lupa, lapisi juga lantainya dengan daun yang lebih lebar. Itu untuk mencegah panas tubuhmu diserap oleh tanah.

Salah satu trik dalam membuat api dari bambu yang kering:

Sklill 4
Membesarkan Api


Setelah berhasil menyalakan api di bundelan, kamu butuh kayu dalam beberapa ukuran: sebesar tusuk gigi, cotton bud, dan pensil. Pertama-tama, siapkan balok kayu seukuran lenganmu sebagai alas bundelan. Kemudian, sandarkan kayu sebesar tusuk gigi dengan miring di atas bundelan tersebut — ini akan membentuk sudut yang bisa dilalui oksigen. Tambahkan kayu yang berukuran lebih besar satu per satu. Begitu seterusnya hingga api unggunmu siap.

Skill 5
Mencari Air


Untuk memastikan sumber air itu tidak beracun, dapat dilihat dari bekas jejak binatang yang ada disekitarnya. Jika banyak jejak binatang maka air yang ada ditempat itu bisa diminum dan tidak beracun. Air juga bisa diperoleh dengan memotong akar-akar pohon yang ada di hutan. Setetes demi setetes air yang keluar dari potongan akar itu dapat dikumpulkan dengan wadah yang ada. Lumut juga merupakan sumber air. Dengan mengumpulkan lumut yang ada kemudian lumut tersebut diperas juga akan menghasilkan air yang dapat diminum. Disamping itu juga dengan memanfaatkan embun yang ada pada dedaunan dan mengumpulkannya. Rumput yang banyak mengandung air diantaranya adalah jenis bambu-bambuan dan ilalang. Akar rumput ilalang banyak mengandung air dan manis rasanya.

Beberapa cara mendapatkan air:

1. Dengan menggalih tanah yang lembab



Apabila menggunakan cara ini akan membutuhkan platik sebagai penutup lubang dan bantuan sinar matahari untuk menguapkan air. Air yang menguap akan diembunkan pada plastik penutup dan air akan menetes ke bawah dan tinggal ditampung dengan wadah yang tersedia.


2. Dengan penyaringan



Apabila menemukan sumber air tetapi air yang ada terlihat keruh maka teknik sederhana ini sangat membantu dalam mendapatkan air yang jernih. Alat penyaring ini sangat sederhana dan gampang dibuat karna untuk penyaring minimal menggunakan pasir dan batu kerikil, namun akan lebih bagus lagi apabila pada bagian dasar ditambahkan ijuk.


3. Dengan memotong akar tumbuhan


Skill 6
Panen Air Dari Pohon


Seperti manusia, tumbuhan itu juga ‘berkeringat’ sepanjang hari. Proses menguapkan air ini namanya transpirasi. Untuk bisa memanen air bersih dan bisa diminum ini, kamu tinggal membungkus ranting pohon yang berdaun dengan plastik, lalu ikat plastiknya rapat-rapat. Dalam waktu beberapa jam air udah terkumpul di dalam plastik dan siap diminum.

Skill 7
Mencari Tumbuhan Yang Bisa Dimakan


Dalam situasi dimana tujuan utamamu adalah bertahan hidup, gak usah muluk-muluk berniat berburu hewan liar. Jangankan rusa, kelinci aja susah ditangkap. Gantungkan hidupmu pada hewan-hewan kecil kayak ikan, katak, atau kadal. Namun, pilihan paling aman adalah menyantap tumbuhan. Pisang dan nanas sangat mudah ditemukan di hutan Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi rotan, rebung, daun semanggi, dan paku-pakuan. Ada beberapa cara untuk mengenali tumbuhan apa saja yang dapat dimakan tanpa membuat efek samping. dapat dilihat disini.

Skill 8
Berburu Dengan Tombak atau Membuat Jebakan Hewan


Dalam keadaan survival dan ketika hasrat karnivoramu sudah tidak bisa dibendung lagi, kamu bisa berburu menggunakan tombak atau membuat jebakan hewan. 


Buatlah tombak bermata empat yang akan jauh lebih efektif dalam menangkap ikan dan hewan buruan lain daripada tombak bermata tunggal. Caranya, tebas kayu pohon sehingga panjangnya sama dengan tombak pada umumnya dan diameternya kira-kira 2,5 sentimeter. Belah salah satu ujungnya jadi empat bagian, masing-masing sepanjang 25 cm. Sempalkan kayu atau batu kecil agar empat bagian tadi terpisah. Tajamkan ujung-ujungnya. Jadilah tombak bermata empat hasil kerja keras tanganmu.



Adapun cara berburu lain, yakni dengan membuat perangkap karena hal ini dirasa lebih aman dari pada menggunakan tombak. Untuk itu pastikan untuk melakukan misi diperlengkapi dengan "Survival Kit".


Macam-macam perangkap hewan:

1. Perangkap binatang kecil dan burung












2. Jerat untuk ular









3. Perangkap binatang besar







Skill 9
Membaca Kompas Alam


Ketika kamu berada di alam bebas, maka yang sangat dibutuhkan adalah kompas. karena kompas lebih efisien daripada GPS ketika kamu sudah berada di alam bebas. selain harus memiliki kompas, kamu juga harus memiliki peta wilayah yang sedang kamu jelajahi, bukan sembarang peta, peta yang diperlukan adalah peta topografi.

Jika GPS atau kompasmu rusak (atau lupa kamu bawa), dengan mudah kamu bisa menentukan arah timur dan barat dari posisi matahari terbit dan terbenam. Jika kamu menggunakan jam tangan analog, hadapkan jarum jam ke arah matahari. Tarik garis imajiner diantara jarum jam dan angka 12 itu adalah garis yang menghubungkan utara dan selatan.

Skill 10
Membaca Rasi Bintang


Cari paling mudah untuk menentukan arah mata angin setelah matahari terbenam ialah menemukan rasi bintang Beruang Besar. Rasi ini dikenal juga dengan nama Gayung Besar. Istimewanya, ketika rasi bintang lain berputar dan ‘berpindah’ sepanjang malam rasi bintang ini tetap berada di utara.


Ciri-ciri gugusan bintang ini adalah terdiri dari 7 bintang dan berbentuk gayung. Nah, di seberang Gayung Besar terdapat gugusan bintang Gayung Kecil, yang seperti namanya berukuran lebih kecil dan nggak sebenderang Gayung Besar. Di ujung ‘gagang’ Gayung Kecil terdapat Polaris a.k.a. North Star: arah utara yang paling hakiki. Di daerah khatulistiwa seperti Indonesia, North Star bisa ditemui di dekat garis horizon.


Skill 11
Membuat Simpul Bowline


Simpul ini bisa juga disebut sebagai simpul bendera atau simpul kambing. Bagi kamu yang belum tahu, simpul ini berguna banget untuk mengikat dan menahan beban. Semakin berat beban yang ditahannya, semakin kencang simpul itu mengikat. Pelajari step-by-step cara menyipul Bowline di sini.

Skill 12
Mengirim Sinyal S.O.S.


Pada suatu waktu, mungkin karena kondisi fisik, satu-satunya harapanmu adalah menunggu pertolongan. Pastikan kamu berada di tempat terbuka seperti padang rumput atau puncak bukit agar kamu mudah dilihat dan dievakuasi. Pilihan pertama membuat sinyal ialah dengan kepulan asap dari api. Harap diingat: ini bukan soal api gede doang, tapi juga gimana caranya asap yang kamu hasilkan bisa mengepul tebal sehingga menarik perhatian pesawat atau kapal yang lewat. Jadi ketika api yang kamu buat udah membara, tumpukkan dedaunan dan rumput yang masih hijau dan lembab di atasnya. Asap akan mengepul tebal. Walaupun hanya bertahan 10-15 detik, itu akan cukup untuk menarik perhatian.


Pilihan kedua adalah menggunakan sinyal dari cermin. Bahkan refleksi dari cahaya bulan bisa dilihat dari jarak hampir 160 kilometer, lebih jauh jangkauannya daripada senter. Manfaatkan benda apapun yang bisa memantulkan cahaya seperti spion atau layar ponsel. Kuncinya ialah mengarahkan pantulan cahaya secara tepat, dan ini cukup mudah. Arahkan cermin yang kamu punya ke matahari atau bulan (tidak secara langsung, tapi dimiringkan sedikit) hingga kamu melihat pantulan cahaya di permukaan cermin tersebut. Ketika kamu melihat kapal atau pesawat lewat, bikin salam peace dengan salah satu tangan kamu, dan “letakkan” kapal atau pesawat nan jauh disana itu di antara dua jari damai tadi. Kemudian gerakin pemantul cahaya maju dan mundur dibelakang salam peace kamu.


Beberapa skill di atas membutuhkan latihan dan kekuatan memori otak. Gak ada salahnya kamu pelajari dulu di rumah, lalu ajak seorang teman untuk bertualang ke hutan atau gunung sekaligus kalian latihan. Praktekin semua skill yang kamu tahu. Jangan lupa kasih info ke mana kalian bertualang kepada keluarga, teman, dan petugas setempat, ya.


43 Komentar

  1. These skills help a person a lot to move forward in life. I enjoyed reading it. I will definitely share it with my friends. Thanks! Read My Post: "Pati Patni Jokes"

    BalasHapus
  2. Hey! your content is completely awesome, i really appreciate your effort that
    you put on this.

    You can also check my link below:
    seo interview questions and answers
    Best Dental Clinic in Chennai
    Best dental clinic in Bangalore

    BalasHapus
  3. Great article. I'm so pleased that i found this content. When you find time read my solution on amazon app dark mode

    BalasHapus
  4. Thanks for sharing this wonderful peace of content.

    you can also check zirconia crowns in india

    BalasHapus
  5. Roku remote volume not working 2022
    Roku remote volume not working
    Roku volume control not working
    Roku remote volume not working 2022

    BalasHapus
  6. Shower drain smells like rotten eggs
    Why does my bathroom sink smell like rotten eggs? Shower drain smells like rotten eggs

    BalasHapus
  7. Status in Punjabi for husband,
    Romantic Status For Girlfriend,
    Romantic love status in Punjabi,
    Love status in english Punjabi,
    One line love status in Punjabi,
    cute girl status, punjabi quotes for love

    BalasHapus
  8. I was able to find good info from your blog articles. 바둑이사이트

    BalasHapus
  9. Thanks for sharing, I found a lot of interesting information here
    Latest News
    Reviews

    BalasHapus
  10. Amazing skills you share. Excellent and decent post. I found this much informative, as to what I was exactly searching for. Thanks for such post and please keep it up. Your post was good and the information that you giving in your post, that was really cool. I like it very much. Get best SEO Company Dubai service of marketing you visit here site for more info.

    BalasHapus
  11. Find all the free software downloads, hardware reviews, online tools, web apps, and tech news.
    Inshot for PC
    Apps for PC
    MX Player for PC
    Vidmate for PC

    BalasHapus
  12. five nights at freddy's allows you to choose your opponents. There are a total of 50 horror characters who are always ready to chase you to the last rooms. Not only that, Five Nights at Fredd'y also integrates 20 different difficulty levels depending on the ability and stamina of each gamer. You can choose the easiest mode (like the things that stream often do) or the hardest to test your bravery and bravery. You should also love xxx one of the hottest games today.

    You should also love wordle game one of the hottest games today.

    BalasHapus
  13. Nice and good article. It is very useful for me to learn and understand easily. Thanks for sharing your valuable information and time. Download Free Diwali ImageHappy Diwali Image

    BalasHapus
  14. Yummy I love lemon ice cream thanks for sharing. This site is full of valuable ideas and significant information which we can share with our family and friends, thanks to the site administrator, you really did a great job. cetak cepat 24 jam jakarta timur it provides good service of design you visit for more details.

    BalasHapus

  15. Thanks for the info I will try to figure it out for more.

    Burger King Survey

    BalasHapus
  16. The solution worked for me ok to the community and the members for the solution. MYiClubOnline

    BalasHapus
  17. Pleased to see your issue as I think I have the same problem MyFortiva

    BalasHapus
  18. Much appreciated so a phenomenal plan, your thought worked for me. RealcompOnline

    BalasHapus
  19. I am also facing exact same issue. MYiClubOnline

    BalasHapus
  20. I will try the suggested solution from your link.
    HCA Rewards

    BalasHapus

  21. That's great. I was impressed by your writing. I am happy to see such a topic. Please come to my blog and read it.

    my gift card site

    BalasHapus
  22. keep sharing this type of info PointClickCare CNA

    BalasHapus
  23. Very nice information you have shared here. Dinar Updates

    BalasHapus
  24. I thought I would find several playlists of metal. But I'm gonna try some anyway :)
    Caregiver Connect

    BalasHapus
  25. amazing paragraph in support of all the online people; they will take advantage from it I am sure Rent A Boat Toronto

    BalasHapus
  26. Positive site page, where did a couple of the articles on your site now, and I truly like your style. Grateful and really keep up the convincing work.Call Answering

    BalasHapus
  27. Very nice article, your writing style is wonderful. I will definitely share this article with my friends

    BalasHapus
  28. The backrest on a motorcycle is a seat attachment that provides additional support and comfort for the rider. It is typically located behind the rider's seat and can be adjusted to different angles to accommodate the rider's posture and preferences. The main purpose of a backrest on a motorcycle is to provide support for the rider's back and prevent fatigue and discomfort during long rides. If you want to get more information about this topic you can visit Sans Classic Parts. and see our amazing product hunter 350 backrest with carrier.

    BalasHapus

  29. keep up the good work; I have read a few posts on this website.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama